Welcome to Oryza's Page, you read it and you will know it. "Tinggalkan komentar anda".

Sabtu, 26 Mei 2012

Produksi Pangan Dunia

Oleh: Nuhfil Hanani AR


Produksi Pangan dunia

Berdasarkan data dari FAO, negara produsen pangan terbesar di dunia pada tahun 2004 untuk tanaman padi-padian, daging, sayuran dan buah disajikan dalam Tabel 4.1. Negara–negara produsen pangan terbesar di dunia adalah negara China dan Amerika Serikat, sedangkan Indonesia masih tergolong 20 negara produsen pangan terbesar di dunia.



Negara Produsen pangan untuk sumber kabrohidrat yakni tanaman padi padian adalah negara China, Amerika Serikat, India, Rusia, Perancis, sedangkan Indonesia menuduki peringkat ke enam . Untuk pangan daging Indonesia menduduki peringkat 18, dan sayuran dan buah buahan menduduki peringkat 11. Gambaran produsen pangan untuk 50 negara terbesar secara lengkap disajikan dalam Gambar 4.1-4.3.


Gambar 4.1. Pangsa Produksi Padi-Padian 50 Negara Terbesar di Dunia 2004

 
Sumber : FAO, 2007
Gambar 4.2. Pangsa Produksi Daging 50 Negara Terbesar di Dunia 2004


Negara Produsen Padi, Palawija dan Tebu Dunia

Negara produsen terbesar untuk padi di dunia disajikan dalam Tabel 4.1. Negara China dan India adalah negara produsen padi yang sangat besar dengan jumlah produksi yang lebih dari 100 juta metrik ton per tahun, sedangkan Indonesia menduduki peringkat 3 dengan ,e,produksi sekitar 53 juta metrik ton.


Negara produsen Jagung terbesar di dunia adalah negara Amerika Serikat dan China yang hampir menguasai 50 persen dari produksi jagung di dunia. Indonesia walaupun mengimpor jagung, namun termasuk negara yang diperhitungkan di dunia karena menuduki peringkat 8 negara terbesar di dunia.

Negara produsen ubikayu terbesar di dunia disajikan dalam Tabel 4.3. Negara Nigeria, Brazil, Indonesia, Thailand, dan Congo merupakan lima negara terbesar di dunia. Umumnya negara produsen ubikayu ini sekaligus menjadi eksportir ubikayu di dunia.

Negara produsen ubijalar terbesar di dunia disajikan dalam Tabel 4.4. Negara Ethiopia adalah negara produsen ubi jalar terbesar di dunia yang sekaligus menjadi negara pengkonsumsi pangan ubi jalar. Indonesia menduduki peringkat ketiga Negara terbesar di dunia dalam memproduksi ubi jalar.

Amerika Serikat, Brazil, Argentina, China dan India merupakan lima Negara penghasil kedele terbesar di dunia. Kelima negara ini umumnya sekaligus menjadi negara pengekspor kedele. Walaupun Indonesia menduduki peringkat Sembilan negara terbesar di dunia dalam memproduksi kedele namun sampai saat ini masih mengimpor jumlah kedele yang cukup bersar.

Negara produsen tebu di dunia adalah Brazil dan India yang mempunyai produksi diatas 500 juta metrik ton. Indonesia menduduki peringkat 11 negara penghasil tebu terbesar di dunia. Pada negara negara produsen tebu ini, saat ini tebu disamping digunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan gula, juga telah mulai dikembangkan sebagai bahan baku untuk menghasilkan energi yakni ethanol.

Negara Produsen Susu, Telur dan Daging Dunia

Produsen susu di dunia umumnya adalah negara yang telah maju. Amerika Serikat, India, Rusia, German dan Prancis adalah lima negara produsen susu terbesar di dunia. Pada Tabel 4.7 disajikan tentang 20 negara penghasil susu terbesar di dunia.





China merupakan negara penghasil telur terbesar di dinia yang mempunyai produksi 4 juta metric ton per tahun. Indonesia tergolong penghasil telur ketiga terbesar di dunia. Data produksi telur ini termasuk telur yang dihasilkan oleh ayam local.

Negara produsen daging baik yang berasal dari daging ayam dan sapi terbesar di dunia disajikan dalam Tabel 4.9 dan Tabel 4.10. Negara Amerika serikat dan Brazil adalah negara produsen daging terbesar di dunia. Indonesia menduduki peringkat ketujuh sebagai negara terbesar di dunia dalam memproduksi daging ayam, sedangkan untuk daging sapi tidak termasuk peringkat.

Negara Produsen Sayuran di Dunia

Negara produsen sayuran terbesar di dunia disajikan dalam Tabel 4.11. Negara China dan India adalah negara produsen sayuran terbesar di dunia. Pada negara di Asia Vietnam dan Philipina menduduki peringkat 3 dan 4, sedangka Indonesia tidak termasuk sebagai negara terbesar di dunia dalam memproduksi sayuran.

Negara Produsen Buah-buahan di Dunia

India, Viet Nam dan China adalah negara produsen buah terbesar di dunia, sedangkan Indonesia menduduki peringkat keempat . Walaupun Indonesia menempati posisi keempat sebagai negara terbesar di dunia dalam memproduksi buah-buahan, namun umumnya produksi buah di Indonesia tidak mampu bersaing di pasaran internasional yang digambarkan dengan kecilnya produksi yang diekspor.






















2 komentar: